Selasa, 02 Oktober 2018

Menara Pandang Banjarmasin



Menara Pandang Banjarmasin adalah salah satu tempat wisata di Kota Banjarmasin, di menara ini kita dapat melihat keindahan Kota Banjarmasin dari ketinggian.

Menara Pandang Banjarmasin saat ini menjadi salah satu tempat wisata Banjarmasin sebagian besar pengunjung baik warga Banjarmasin itu sendiri maupun para wisatawan dari luar daerah. Menara ini menjadi sebuah ikon wisata baru setahun terakhir ini di Kota Banjarmasin, selain pasar terapung, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Sultan Suriansyah dan Masjid Jami’ Banjarmasin.

Menara Pandang Banjarmasin ini terletak di Siring Jalan Kapten Pierre Tendean Banjarmasin. Posisinya dekat pasar terapung buatan Pemerintah Kota Banjarmasin di tepi Sungai Martapura. Menara Pandang ini buka setiap hari senin sampai jum’at pada pukul 10.00-21.00 WITA. Hari Sabtu buka pukul 10.00-22.00 WITA  dan pada hari Minggu buka pukul 08.00-21.00 WITA. Pengunjungnya pun terdiri dari semua kalangan dan usia, dari anak kecil, remaja dan orang tua.

Ikon wisata yang menjadi salah satu Pesona Kota banjarmasin ini sering di penuhi warga setiap harinya, terutama saat hari Minggu dari pagi sampai sore bahkan malam. Menara pandang ini berlantai empat, di bagian atas atau lantai tiga menara ini adalah area terbuka. Jadi, para pengunjung bisa naik ke atas dan menikmati pemandangan yang indah Kota Banjarmasin dari atas sana, apalagi jika cuaca nya sedang cerah.

Di lantai atas menara, kita bisa melihat sekeliling Kota Banjarmasin, melihat hantaran sungai Martapura, kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan pemandangan sekitarnya yang sangat indah ketika di lihat dari atas Menara Pandang Banjarmasin. Dengan semilir angin yang menyejukkan, area ini menjadi salah satu area favorit pengunjung. Sebagian dari mereka ada yang hanya sekedar mengobrol, melihat perahu yang lalu lalang di Sungai Martapura, melihat keindahan pemandangan atau berfoto selfie dengan keluarga maupun sahabat. Meskipun area terbuka, tapi di lantai atas menara ini aman dan nyaman jika ada yang membawa anak kecil, karena di sekelilingnya di batasi dengan pagar yang tinggi. Sehingga pengunjung bisa bebas bersantai memandangi Kota Banjarmasin di ketinggian bersama keluarga ataupun sahabat.

Masuk ke tempat ini gratis, pengunjung hanya di kenai biaya parkir kendaraan Rp 2.000. Di sekitar menara Pandang Banjarmasin ini banyak juga penjual aneka makanan ringan dan minuman, terutama di hari minggu banyak para pedagang berjualan di sekitar Menara Pandang Banjarmasin harganya murah kisaran antara ribuan rupiah hingga belasan ribu rupiah.

Salah satu Pesona Kota Banjarmasin ini di kelola oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin. Di sekitar Menara ini kerap di jadikan tempat pelaksanaan berbagai lomba atau perayaan acara-acara besar seperti; lomba Maulid, Banjarmasin Expo, acara bakti sosial, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Pengunjung bisa dengan bebas bersantai dan kumpul-kumpul disini dengan syarat tetap mematuhi peraturan yang ada, yaitu menjaga keamanan dan kebersihan tempat dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi jika sampahnya di buang ke sungai.

Salah satu pengunjung Menara Pandang mengatakan bahwa tempat ini sekarang ramai untuk di kunjungi, “Tempatnya rame, seru lihat anak-anak yang latihan dance. Jadi tempat yang menarik dan gak bosan ke sini”, ungkap Desi. Remaja ini mengakui suasa disini menyenangkan dan nyaman.

Sebagai warga Indonesia dan terutama warga Banjarmasin sudah selayaknya kita menjaga dan merawat salah satu tempat wisata ini agar dapat di nikmati oleh generasi kita berikutnya. (Redaksional)

2 komentar:

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search